Ngeblog Gratisan


Sudah baca-baca tulisan sebelumnya di blog ini khan? Jadi ceritanya kalian semangat ingin mulai ngeblog dan membuat blog? Ternyata cukup banyak lho situs yang memberikan layanan blogging secara gratis. Tulisan ini mudah-mudahan bisa membantu kalian memilih situs penyedia layanan blog gratisan. Walaupun gratis, tampilan blog kalian bisa cukup oke lho. Berikut ini ialah situs-situs yang menyediakan layanan blog gratis yang bisa kalian manfaatkan.

Penyedia Layanan Blog Gratis

 

1. Wordpress.com adalah favorit banyak orang. Dengan platform Wordpress yang tekenal lebih SEO friendly, kalian dapat dengan mudah memilih theme favorit kalian dan juga layout blog kalian. Wordpress dibangun dengan sebuah bahasa pemrograman PHP dan berbasis data (database) MySQL. Wordpress ini sangat cocok digunakan untuk sebuah website komersial atau untuk sebuah website jual beli. Kelebihannya sangat cepat untuk digunakan dalam hal SEO (Search Engine Optimization), tetapi kekurangannya adalah tidak bisa dimonetisasi jika belum menggunakan domain dan hosting sendiri.


2. Blogger.com adalah tempat membuat blog yang paling populer dan sekarang telah dibeli oleh Google. Blogger sangat populer serta banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia. Layanan blog yang berada di situs ini sangat mudah untuk digunakan, termasuk bagi kalian yang newbie (pemula) sekalipun. Sangat bagus untuk belajar agar lebih mengenal blogging dengan dashboard yang sangat user friendly. Kalian tinggal daftar akun di Google, maka kalian sudah bisa membuat blog gratis. Kelebihan Blogger adalah sudah bisa dimonetisasi walaupun belum menggunakan domain sendiri.

3. Tumblr.com, adalah platform yang paling sederhana dan merupakan blogging platform mikro termudah. Hanya dibutuhkan waktu 1 menit untuk membuatnya, untuk kemudian mulai ngeblog. Tumblr ini juga sering digunakan sebagai situs mikroblog dan juga jejaring sosial. Tumblr menjadi platform yang menyenangkan karena mempunyai halaman timeline mirip Twitter, di mana kita bisa mem-follow akun blog lain agar postingannya bisa tampil di timeline kita. Kita bisa memposting artikel, quote, gambar, video, chat, dan musik di Tumblr dengan mudah.

4. LiveJournal.com, penyedia blog yang satu ini juga cukup besar penggunanya. LiveJournal memiliki fungsi yang lebih identik dengan Webbly dan Tumblr dibandingkan Blogger dan Wordpress. Akan tetapi LiveJournal juga merupakan salah satu blog yang bagus untuk membangun blog pribadi maupun dummy blog kalian yang tentunya gratis.

5. Blogdetik.com adalah penyedia jasa blog gratis dari Indonesia. Situs penyedia blog gratis ini di bawah bendera Detik.com, situs media online pertama dan terbesar di Indonesia. Kelebihan Blogdetik ialah sering adanya event atau acara dengan hadiah yang menarik serta bisa digunakan untuk monetisasi walaupun berbasis Wordpress. Blogdetik menyediakan panduan bagi para pemula untuk melakukan tahapan teknis ngeblog dan terus meng-update segala macam hal yang berkaitan dengan dunia blogging melalui kolom tips dan trik.

6. Kompasiana. Penyedia jasa blog gratis dari Indonesia lainnya ialah Kompasiana. Kompasiana sendiri merupakan anak perusahaan dari Kompas Gramedia. Kelebihan blog ini ialah banyaknya penulis dengan kualitas yang mumpuni sehingga terkesan tulisan lebih berbobot. Kekurangannya, blog Kompasiana tidak bisa dimonetisasi.

7. Indonesiana. Penyedia jasa blog gratisan Indonesiana merupakan anak perusahaan dari Tempo. Blog ini digunakan untuk jurnalisme warga dari seluruh Indonesia. Kekurangannya ialah tidak bisa dimonetisasi.

Situs Blogging Gratis Lainnya

Di samping situs-situs di atas, kalian juga bisa mendaftar di situs penyedia layanan blog gratisan lainnya, seperti:

•    http://www.webs.com
•    http://www.wix.com
•    https://www.yola.com
•    https://www.jimdo.com
•    http://blogsome.com
•    http://edublogs.org

Nah, dengan cukup banyaknya pilihan blogging gratis seperti itu, kenapa kalian nggak segera mulai aja blogging?

Komentar