9 Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Bagian 1)

Kedengarannya sih mudah menghasilkan uang dari blog, tapi jika kalian tidak tahu caranya dan tidak bekerja keras maka akan sulit untuk menghasilkan. Blog kalian harus kalian pelihara, kalian harus rajin meng-update konten di blog kalian. Kalian harus merencanakan sejak awal tujuan dari blog kalian.

Tujuan yang jelas akan membuat kalian fokus blogging dan me-monetize blog kalian tersebut. Banyak orang yang ngeblog hanya untuk ikut-ikutan atau iseng saja, seiring waktu nanti akan terlihat, yang aktif dan pasif. Blog yang aktif tentu saja banyak diminati oleh pengunjung sehingga hal ini berarti potensi untuk menghasilkan uang dari blog terbuka lebar. Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari blog:


1. Komisi Affiliate Marketing


Bergabung dalam sebuah program affiliasi ialah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Ada orang yang tidak mau repot-repot membuat produk sendiri. Tidak mau repot urusan pembayaran, repot buat produk, dan lain-lain. Affiliate marketing dapat menjadi alternatif yang menarik untuk mendatangkan uang dari blog. Kalian tinggal memilih produk affiliate untuk dijual. Lalu kalian mempromosikan produk tersebut. Ketika ada pengunjung yang membeli dari blog kalian, maka kalian akan mendapatkan komisi. Komisi affiliate marketing ialah sekian persen dari harga produk.

Yang perlu kalian perhatikan bahwa program affiliasi yang kalian ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog kalian. Misalnya sebuah blog topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang kalian ikuti harus berhubungan dengan niche tersebut.

Ada 2 cara kalian dapat mulai mempromosikan produk afiliasi.
Pertama, dengan bergabung dalam Affiliate Network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang telah ada. Berikut ini sejumlah contoh Affiliate Network luar negeri yang populer:

Amazon – produk fisik
Clickbank – produk digital
WarriorPlus, JVZoo – produk internet marketing

ShareASale – berbagai produk atau layanan
CJ – berbagai produk atau layanan
Rakuten Linkshare – berbagai produk atau layanan
Envato – produk untuk web developer dan desain grafis

Adapun contoh yang dari dalam negeri:
Ratakan – produk digital
Idaff – produk digital dan fisik

Produk afiliasi yang bagus dan dipromosikan dengan benar akan mendapatkan conversion rate yang tinggi. Kelebihan mempromosikan produk affiliate melalui blog dibandingkan dengan memasang iklan ialah tidak merusak tampilan website dan komisi yang kalian dapatkan jauh lebih tinggi.

2. Menawarkan Ruang Iklan di Blog (Direct Advertising)

Direct Advertising ialah metode di mana kalian menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog kalian. Kelebihan metode ini ialah penghasilan blog kalian  dapat jauh lebih tinggi karena iklan yang terpasang di blog tidak melalui perantara pihak ketiga.
Blog yang menghasilkan uang pastilah blog dengan trafik yang tinggi. Traffik yang tinggi tentu saja menarik minat banyak pengiklan. Kalian dapat menyiapkan ruang/spot untuk pemasangan iklan di blog kalian. Kalian dapat menyewakannya secara bulanan. Kalian bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari spot iklan kalian.

Tentu saja kalian harus pintar-pintar memilih produk iklan yang akan dipasang di blog kalian. Pilihlah produk yang sesuai dengan topik blog kalian atau yang berkaitan dengan konten blog kalian. Jika blog kalian tentang internet marketing maka pilih produk yang berkaitan dengan niche tersebut. Hindari iklan yang bertentangan dengan niche blog kalian karena akan membingungkan pengunjung. Jangan sampai iklan yang kalian pasang dianggap mengganggu dan membingungkan dan justru mengurangi kunjungan visitor kalian.

3. Memasarkan Jasa atau Produk Sendiri

Blog dapat menjadi sarana peluang bisnis kalian. Kalian dapat membuat blog yang sesuai dengan hobi kalian. Kalian dapat membuat ulasan yang menarik tentang hobi yang kalian lakukan. Misalnya kalian hobi memasak, kalian dapat posting konten berupa resep-resep masakan yang kalian praktikkan. Semakin blog kalian diminati orang, semakin besar peluang yang kalian dapatkan. Bisa jadi kalian akan melayani pemesanan makanan yang kalian buat dan akhirnya kalian dapat membuka catering.

Jika kalian hobi menulis dan tertarik dengan internet marketing, kalian dapat mulai membuat e-book dan video tutorial yang dapat kalian bagikan secara gratis. Selanjutnya kalian dapat membuat e-book dan video tutorial yang berkualitas sehingga dapat kalian jual dan memberi income buat kalian. Semakin kalian rajin membuat konten yang berkualitas, menarik dan bermanfaat semakin besar orang yang berminat terhadap produk kalian. Dan tidak menutup kemungkinan akhirnya kalian dapat menerbitkan buku karya kalian.

Selain produk, kalian juga dapat menawarkan pelayanan jasa di blog kalian. Misalnya kalian yang memiliki keahlian khusus seperti: membuat website, menulis artikel, desain grafis, dan lain-lain. Kalian dapat tawarkan keahlian kalian lewat blog yang kalian punya. Tidak sedikit lho yang berhasil di bisnis ini.

Semoga gambaran singkat ini dapat menggugah semangat kalian untuk ngeblog. Tapi tulisan ini belum selesai, lho……to be continued.

Komentar