Sejarah Perkembangan Blog



Jhon Barger ialah orang yang pertama kali memperkenalkan nama blog pada tahun 1997. Ia menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu update secara kontinyu serta berisi link-link situs lain yang mereka anggap menarik beserta dengan komentar-komentar mereka sendiri. Sedangkan situs Pitas (www.pitas.com) ialah situs yang pertama kali menciptakan layanan blog online serta gratis pada bulan Juli 1999. Satu bulan kemudian, yakni bulan Agustus 1999, sebuah perusahaan di San Fransisco bernama Pyra Laboratory (www.pyra.com) meluncurkan layanan blogger (www.blogger.com) yang sampai saat ini menjadi salah satu layanan blogger terbesar yang ada di internet. Layanan tersebut memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar html serta pemrograman web, bisa menciptakan blog-nya sendiri secara online serta gratis.

 

Munculnya Layanan Pembuat Blog Online


Dengan kemudahan layanan yang diberikan oleh beberapa situs yang mengelola blog tersebut, perkembangan blogger pun bertambah pesat. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh situs blogger.com itu, jumlah pengguna yang memakai layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20-40% per bulan. Setelah blogger.com dan Pitas berkembang cukup pesat, muncul berbagai layanan pembuat blog online yang diberikan pula oleh beberapa situs, seperti Groukoup (www.groukoup.com) atau edithispage (www.edithispage.com). Sejak saat itu, blog kian hari kian bertambah secara pesat hingga makin sulit untuk mengikuti perkembangannya.




Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic buatan Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic merupakan browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang lalu berubah menjadi “Links from the Underground”. Website-nya mungkin dapat disebut sebagai blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah blog yang beredar masih sedikit sekali. Hal ini dikarenakan saat itu diperlukan keahlian serta pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat blog, sehingga hanya mereka yang berprofesi di bidang internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan blog-blog mereka sendiri.



Jenis-Jenis Blog


Semenjak diketemukanya blog sampai sekarang, jenis blog terus berkembang. Sejak semula hanya bersifat pribadi kini menjadi lebih beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis blog yang dapat dikasifiklasikan dari sekian banyak blog yang ditemukan di internet:


  • Blog politik : blog yang berisi informasi mengenai politik, baik profil,kampanye politik, ataupun propaganda.
  • Blog pribadi : Blog milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai dengan minat serta hobi si pemilik blog
  • Blog bertopik : blog yang dikhususkan membahas mengenai topik tertentu, misalnya membahas tentang fotografi, bisnis online, pemrograman, serta lain-lain.
  • Blog kesehatan : blog yang membahas mengenai informasi kesehatan.
  • Blog sastra : blog yang berisi artikel-artikel berbau sastra serta seni , baik yang bersifat lokal, regional, nasional, ataupun internasional.
  • Blog perjalanan/traveling : blog yang membahas mengenai informasi pariwisata bagi para penghobi traveling.
  • Blog riset atau penelitian : Blog mengenai survey produk, hasil analisa masalah, jurnal penelitian dan riset milik perorangan maupun institusi riset, baik swasta ataupun pemerintah.
  • Blog hukum : Blog yang membahas mengenai kasus hukum dan kriminal
  • Blog media : blog mengenai informasi terkini sebuah media pemberitaan baik cetak ataupun elektronik.
  • Blog agama : blog yang berisi artikel-artikel keagamaan.
  • Blog pendidikan : blog yang berisi opini mengenai kependidikan atau blog milik institusi pendidikan.
  • Blog petunjuk (directory).
  • Blog bisnis : blog yang memuat informasi serta referensi mengenai bisnis online ataupun offline, informasi mengenai peluang usaha, kurs mata uang serta investasi bisnis.
  • Blog penganggu (spam).
  • Blog mode : blog ini menampilkan perkembangan mode ter-update, model rambut, model pakaian terbaru, dan lain-lain.


Nah, itulah sekilas mengenai sejarah blog. Semoga bisa membuka wawasan kalian yang lebih luas lagi mengenai blog.

Komentar