Bolehkah Saya Baca Catatan Harian Kalian?



Tulisan kali ini akan membahas salah satu model bisnis yang cukup banyak disukai orang, yakni blogging atau ngeblog. Di awal kemunculan internet, blogging hanyalah dimaksudkan untuk menulis diary (catatan harian), jurnal atau yang sejenisnya. Orang-orang menumpahkan pemikirannya, atau aktivitas mereka, bahkan resep masakan favorit mereka di situ. Tentu saja saat itu tidak banyak tulisan komersial atau tulisan yang dimaksudkan untuk bisnis seperti halnya yang banyak dijumpai sekarang.

 

Blogging Komersial

Tetapi jangan salah lho, sampai sekarang masih banyak juga yang melakukan model blogging jaman dulu. Namun seiring dengan kemunculan situs-situs pertemanan sosial seperti Facebook, Instagram dan Pinterest, blog telah mengambil sebagian besar peran dari sebuah website. Salah satu sebabnya ialah blog sangat mudah kita buat. Di samping itu, blog ternyata banyak digunakan untuk kepentingan komersial juga. 

Benar, kalian bisa mendapatkan rezeki dengan sebuah blog. Bahkan tidak sedikit orang yang bisa menghasilkan jutaan, bahkan ratusan juta hingga miliaran dari blog yang mereka bangun. Dan tidak ada alasan mengapa kalian tidak bisa melakukan hal yang sama. Yang harus kalian lakukan adalah memilih satu topik yang menarik dan dirasa bisa bersifat komersial, lalu tulis postingan yang memperlihatkan passion dan keahlian kalian, kemudian monetisasi blog kalian untuk mendatangkan uang, dan pada akhirnya datangkan prospek atau calon pelanggan kalian ke blog kalian.

Sepertinya lebih mudah dikatakan daripada dilakukan ya?.....Ya, mungkin ada benarnya juga.  Tetapi kalian mungkin akan terkejut  betapa cukup simple sebenarnya model bisnis dengan menggunakan media blog ini. Tentu saja dibutuhkan sejumlah waktu untuk mempelajarinya (learning curve). Namun sekali kalian menyemplungkan diri dan menjalaninya seiring waktu, boleh jadi kalian akan terobsesi dengannya…Nggak percaya? Coba deh buktikan sendiri….


Oya, di lain waktu kita akan bahas mengenai platform untuk ngeblog,apakah kita pilih platform gratisan atau yang berbayar.Memang keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga kita harus memutuskan, salah satunya ataukah keduanya harus kita punya juga. Di samping itu, jika kita menggunakan platform Blogger atau Wordpress perlu disinggung juga hal-hal lain seperti plugin, widget, theme, page, post dan lain-lain. Pokoknya tunggu aja tulisan berikutnya dengan rasa penasaran kalian ya, ini worth it kok untuk kepentingan passion dan bisnis kalian. Semoga aja. Have a nice day! 

Komentar