9 Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Bagian 2)

Melanjutkan tulisan sebelumnya (Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Blog Bagian 1), berikut ini cara berikutnya menghasilkan uang dari blog:

4. Paid for Review

Paid for review atau paid posts ialah metode monetisasi di mana kalian mendapatkan penghasilan dengan me-review produk atau jasa milik orang lewat postingan di blog kalian. Jika Direct Advertising iklannya adalah berupa sebuah banner iklan, maka pada paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

Kegiatan menulis artikel mengenai ulasan produk biasanya disebut dengan Paid for Review. Banyak pemilik produk yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Satu artikel review biasanya
dibayar sebesar Rp300.000 – Rp500.000, itu sih tergantung negosiasi kita. Tidak mudah mendapatkan advertiser yang mau membayar untuk sebuah artikel review. Biasanya advertiserlah yang menghubungi kalian melalui email.

Jika tak kunjung mendapatkan advertiser, kalian bisa mendaftar sebagai publisher di IDblognetwork. Beberapa blogger sering mendapatkan job menulis artikel review dari IDblognetwork, dan biasanya pihak advertiser mau membayar mahal untuk sebuah artikel dari publisher mereka.

Contoh Paid for Review: Saat ini banyak bermunculan blog tentang make up dan cara berdandan. Banyak brand kosmetik yang ingin meluncurkan produk terbaru meminta ulasan produk make up mereka kepada seorang blogger. Sering kali contoh paket produk langsung dikirim mereka ke blogger yang bersangkutan untuk di-review.

5. CPA Marketing

CPA adalah bisnis di mana kalian sengaja dibayar berdasarkan tindakan/apa yang diperintahkan oleh penyedia layanan terkait. CPA marketing merupakan salah satu cara terbaik yang sangat populer untuk mendapatkan penghasilan secara online karena biasanya komisinya besar. CPA lebih digunakan untuk action atau tindakan.

Apa saja action/tindakan yang dimaksud itu?-    Mengisi form pendaftaran
-    Mendaftarkan alamat email
-    Memberikan informasi tentang kartu kredit
-    Mengunduh atau men-download suatu file
-    Subscribe/berlangganan suatu layanan
-    Mengisi survey
-    Meng-install software/aplikasi (sering juga disebut CPI – Cost per Install)

Dalam CPA marketing, kalian akan “merayu” pengunjung untuk melakukan tindakan-tindakan di atas kepada website/produk/layanan tertentu. Setiap kali pengunjung melakukan tindakan yang dimaksud atau dengan kata lain kalian berhasil membujuk pengujung, maka kalian akan mendapatkan komisi.

Komisi yang kalian dapatkan dari CPA beragam mulai dari $0.01 sampai $50, bahkan lebih. Semakin sulit tindakan yang diminta, maka semakin tinggi pula komisi yang akan diberikan. Misalnya, pendaftaran email termasuk yang mudah jadi komisinya lebih kecil daripada pengumpulan informasi kartu kredit ataupun pengisian survey.

CPA marketing tidak terlepas dari sebuah proses yang bernama optimasi. Tugas pokok dari seorang CPA marketer adalah mempromosikan offers/tawaran dan mengoptimasi kampanye (campaign) promosinya. Optimasi mesti dilakukan secara terus-menerus supaya selalu mendapatkan hasil terbaik. Ada tiga elemen utama dalam sebuah proses CPA: Iklan, Landing Page dan Offer. Ketiga elemen ini masing-masingnya harus dioptimasi bersamaan dengan proses promosi. Jika kalian tidak menggunakan paid traffic (iklan berbayar) maka tidak perlu pusing dengan optimasi iklan. To be continued….

Komentar